hoam. company- line,ig : alrasyid.sbyg
0

Andragogi dan Pedagogi

hi~


Pedagogi adalah suatu teori belajar yang cocok dan tepat untuk masa kanak-kanak. Pedagogi merupakan suatu pendekatan yang hanya menempatkan murid  sebagai obyek di dalam pembelajaran, mereka mesti menerima pelatihan yang sudah di rancang oleh guru, sekolah maupun kurikulum. Apa yang harus dipelajari, materi-materi yang akan diterima, yang akan disampaikan, metode panyampaiannya, itu semua tergantung kepada guru dan tergantung kepada sistem pembelajaran itu sendiri. pedagogi mewujudkan pendidikan yang berfokuskan guru.

Andragogi adalah suatu teori belajar yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus orang dewasa. Andragogi berlaku bagi segala bentuk pembelajaran orang dewasa dan telah digunakan secara luas dalam rancangan program pelatihan organisasi, khususnya untuk domain keterampilan lunak (soft skill). Seni mengajar orang dewasa berlaku disemua tempat, ketika peserta didik atau warga belajarnya menunjukkan tanda-tanda kedewasaan yang baik. Belajar bagi orang dewasa harus menjadi aktif, bukan proses pasif. Pendidikan orang dewasa menitikberatkan pada peningkatan kehidupan mereka, memberikan keterampilan dan kemampuan untuk memecahkan permasalahan yang mereka alami dalam hidup mereka dan dalam masyarakat.

Perbedaan Andragogi dan Pedagogi
Andragogi
Pedagogi
Pembelajar disebut ‘peserta didik’ atau ‘warga belajar’.
Pembelajar disebut ‘anak didik’ atau ‘siswa.
Gaya belajar independen.
Gaya belajar dependen.
Tujuan fleksibel.
Tujuan ditentukan sebelumnya
Diasumsikan bahwa peserta didik sudah memiliki pengalaman untuk berkontribusi.
Diasumsikan bahwa siswa tidak berpengalaman dan kurang informasi.
Menggunakan metode pelatihan aktif.
Menggunakan metode pelatihan pasif.
Pembelajar mempengaruhi waktu dan kecepatan belajar.
Guru mengontrol waktu dan kecepatan belajar.
Keterlibatan atau kontribusi peserta sangat penting.
Peserta berkontribusi sedikit pengalaman.
Belajar terpusat pada masalah kehidupan nyata.
Belajar berpusat pada isi atau pengetahuan teoritis.
Peserta didik dianggap sebagai sumber daya utama untuk ide dan contoh.
Guru sebagai sumberdaya utama yang memberikan ide dan contoh.

Asumsi Andragogi dan Pedagogi
Asumsi Andragogi
Asumsi Pedagogi
Konsep diri
Peningkatan arah-diri atau ketergantungan
Ketergantungan pada guru
Pengalaman
Pelajar merupakan sumberdaya yang kaya untuk belajar
Berharga kecil
Kesiapan
Tugas perkembangan: Peran sosial
Tugas perkembangan: Tekanan sosial
Perspektif waktu
Kecepatan aplikasi
Aplikasi ditunda
Orientasi untuk belajar
Berpusat pada masalah
Berpusat pada substansi mata pelajaran
Iklim belajar
Mutualitas/pemberian pertolongan, rasa hormat, kolaborasi, dan informal
Berorientasi otoritas, resmi, dan kompetetif
Perencanaan
Reksa (mutual) diagnosis diri
Oleh guru
Perumusan tujuan
Reksa negosiasi
Oleh guru
Desain
Diurutkan dalam hal kesiapan unit masalah
Logika materi pelajaran
Kegiatan
Teknik pengalaman (penyelidikan)
Teknik pelayanan
Evaluasi
Reksa diagnosis-kebutuhan dan reksa program pengukuran
Oleh guru

Karakteristik pembelajar dewasa:

  • Pelajar dewasa biasanya memiliki maksud yang teridentifikasi.
  • Pelajar dewasa biasanya memiliki pengalaman sebelumnya, baik positif maupun negaatif, dengan pendidikan diselenggarakan.
  • Pelajar dewasa bisanya ingin segera mengambil manfaat dari hasil belajarnya.
  • Pelajar dewasa memiliki konsep diri secara satu-arah.
  • Pelajar dewasa membawa dirinya dengan reservoir pengalaman.
  • Pelajar dewasa membawa keraguan dan ketakutan yang luas bagi proses pendidikan.
  • Pelajar dewasa biasanya sangat kuat pada ketahanan perubahan.
  • Pelajar dewasa memiliki ‘tujuan yang dewasa’.
  • Masalah pelajar dewasa yang berbeda dari masalah anak-anak.
  • Pelajar dewasa biasanya memiliki sebuah keluarga mapa.
  • Waktu reaksi pembelajar orang dewasa sering lambat.
  • Minat pendidikan pembelajaran dewasa biasanya mencerminkan dimensi kemajuan.
  • Nilai-nilai dari pelajar dewasa sebagai orang dewasa lebih banyak dari pada nilai-nilai program.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip

hoam. company. Diberdayakan oleh Blogger.